Alumni 1984 SMA Negeri 1 Solo

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home

From Bandung with Love, penjelasan dari kami...

E-mail Print PDF

Para kanca sadaya, berikut ini beberapa hal yang perlu dijelaskan oleh rekan-rekan dari Bandung sehubungan dengan pertemuan Citos dan beberapa postingan rekan Hanin dan Ferry di milis. Setelah pertemuan Citos, temen-temen Bandung telah mengadakan dua kali pertemuan yaitu di Politeknik Telkom 12 Mei 2009 yang dihadiri Novi, Jangkung, Ahmad Tri Hanuranto, Benz , Eddy, Atok dan tamu jauh yang kebetulan datang ke Bandung yaitu Rudi Jambul. Yang kedua pertemuan tanggal 17 Mei 2009 di rumah Gepeng yang dihadiri : Atok, Jangkung, Haris, Benz, Novi Gepeng. Dan koordinasi dengan kanca-kanca lain.

Berikut ini beberapa penjelasannya :

Ide reuni seperempat abad dimulai dari reuni Rewika di Bandung bulan Agustus 2008. Disitu dicetuskan keinginan temen-temen yang akan melaksanakan reuni Akbar di tahun 2009 dengan aksi sosial ke SMA yang berupa : memberikan video profile, bantuan bea siswa dan santunan kepada guru-guru. Ternyata keinginan tersebut berkembang sampai pada pembicaraan dengan pihak SMA 1 yang pendekatanya dilakukan oleh Ben, Edy , Bambang Suwandono, Blonthang, Setyo, Sarwoko, Haris Jojon (di Kodim) dan terakhir Jangkung (5 Mei 2009). Sehingga konsep awal reuni ini bukan hanya temu kangen, karena kalau sekedar kangen-kangenan saiki pun tinggal SMS saja langsung ketemu selesai.

Sehingga baik temu kangen maupun aksi sosial tidak ada istilah yang satu lebih penting dari yang lain. Jadi tidak ada istilah acara utama dan acara opsional, semuanya SEJAJAR. Ini yang mestinya kita sadari bersama. Dan saat ketemu di Citos masih ingat betul, dipertanyakan yang disebut istilah acara utama dan opsi itu siapa  sing menentukan. Dan kami juga ingat betul tidak dijawab. Jadi menurut kami  persepsinya masih tetap bahwa  aksi sosial dan temu kangen itu adalah DUA ACARA YANG TIDAK TERPISAHKAN.

Kami terus terang cukup kaget dengan postingan mas Hanin tanggal 11 Mei 2009 lalu yang secara eksplisit menyuratkan temu kangen itu acara utama sedangkan aksi sosial acara opsional. Menurut hemat kami selanjutnya agar TIDAK ADA istilah INTI dan OPTIONAL lagi…tapi silturahmi temu kangen dan bakti sosial…

Pada hal untuk video profile dan kegiatan bakti sosial lainnya sudah dimulai jauuuuuuh …sebelum ide temu kangen muncul. Dan sekarang sudah terkumpul dana untuk video profile.  Menurut pengamatan Jangkung  saat terakhir berkunjung ke SMA 1,di luar video profile masih banyak yang dibutuhkan oleh SMA 1 dan insya Allah kita sebenarnya mampu membantu.  Dan itupun menurut kami tidak perlu dimulai dengan nota resmi/proposal dari SMA 1 ke kita, karena kita hanyalah komunitas alumni yang ingin berbuat sesuatu untuk almamaternya. (Lha wong mau ngasih sesuatu ke “mboke”…kok mboke kon nembung dhisik..). Kadang kita harus selalu bekerja dengan akal, kami setuju, tapi juga jangan melupakan hati.

Segala sesuatu dilakukan dengan formal, kami setuju tapi banyak hal membuktikan cara informal dan saling percaya juga lebih efektif.

Mengomentari postingan rekan yang kami tresnani:

Hanin :

“Pertama sebagai kegiatan utama, adalah acara Reuni Perak-nya sendiri yang akan dilaksanakana pada tanggal 14 November 2009 d Hotel Lor In. Untuk membiayai acara ini selain melalui donasi para alumni sebesar Rp. 60 ribu per orang,  panitia juga menerima donasi dari para alumni.
Kedua sebagai kegiatan penunjang, diantaranya adalah pembuatan website, pembuatan vieo profile SMA Negeri 1, penyerahan sumbangan laptop, penyerahan sumbangan lab Fisika dan mungkin beberapa sumbangan dalam kemasan-kemasan lain, yang biayanya akan dialokasikan apabila biaya untuk penyelanggaraan kegiatan utama telah terpenuhi. Sebagai gambaran singkat (mohon dikoreksi apabila terdapat kekeliruan penyebutan angka), biaya yang diperlukan alokasinya adalah sebagai berikut ………………………:”

Ferry :

Panitia hanya menetapkan satu account di bank yaitu account a/n Sri Budiastuti di BCA solo. Sehingga seluruh donasi harus disalurkan melalui rekening tersebut. Untuk donasi yg telah telanjur masuk ke rekening lain, telah disepakati untuk segera ditransfer ke rekening BCA solo tsb.

Komentar kami :

Menurut kami akan lebih elegan kalau seandainya dana yang  untuk kegiatan temu kangen (bukan acara utama, tidak ada istilah acara utama dan opsi) belum terkumpul ditalangi dulu oleh 10-20 alumni yang sudah bersedia nalangi seperti yang diungkapkan mas Hanin pada point 3 tanggal 11 Mei 2009, daripada mengambil/meminjam dari dana yang sudah diamanatkan oleh donatur untuk pembuatan video profile. Itu cara yang lebih elegan menurut kami. Sekedar mengingatkan barangkali teman-teman yang  lupa, hal yang diposting oleh mas Hanin tersebut tidak termasuk keputusan pembicaraan di Citos.

Lebih-lebih saat diskusi di SMA 1 tgl 11 Mei sampai pada video profile, dan di depan Kepala Sekolah dan guru-guru kita dulu (pak Sugiyanto/Biologi; bu Niken/Matematik; Bu Sofie/Fisika dan bu Marfuah) sudah disampaikan kalau tentang video profile sudah siap dilaksanakan. Jadi kita tidak mungkin mundur lagi.

Seingat kami, pembicaraan kita di Citos hanya sebatas penggabungan rekening demi akuntabilitas dan transparansi. Tetapi sama sekali tidak dibicarakan/disetujui untuk  penggabungan alokasi dana. Dana untuk Video Profile tetap untuk Video Profile sesuai yang diamanatkan para Donatur.

Mungkin perlu kita renungkan juga hal2 berikut :

  • Saat sekolah dulu kita rukun-rukun, jangan sampai setelah tua-tua malah kurang rukun
  • Mestinya kita sudah mulai banyak berpikir ke hal-hal yang memberi manfaat khususnya ke almamater, syukur-syukur ke lingkungan luas, dibanding segala sesuatu yang sifatnya penuh kemubadhiran.
  • Acara reuni sebaiknya memposisikan kita kembali ke 25 tahun yang lalu dalam arti siapapun itu, posisi kita sama. SAMA2 ALUMNI SMA1. Gak ada istilah direktur, manajer, rektor, dekan, komisaris , profesor, doctor dan embel-embel duniawi lainnya. Karena ini bukan ajang pamer status.
  • Tidak ada seorang alumni yang merasa lebih dari alumni yang lain.
  • Dengan demikian, diharapkan tingkat partisipasi (kehadiran) teman2 akan lebih banyak lagi.

Demikian beberapa penjelasan yang yang menurut kami perlu disampaikan  untuk kebaikan kita bersama dan suksesnya acari reuni nanti. Bukan untuk menambah angin putting beliung, tapi semata-mata supaya lebih jelas, clear dan transparan. Anggap ini sebagai bentuk cinta kami untuk angkatan 84 SMA 1 Solo. Mudah mudahan mendatangkan angin sepoi semilir membelai hati.

Untuk hal-hal lain yang belum sempat dibahas, monggo nanti kita tuntaskan pada pertemuan di Solo.

Wassalam, From Bandung With Love...

Novianto Hari Krishna (Nopiek) – Koordinator Bandung

Disarikan dari , SMSan, telpon-telponan, imel-imelan dan pertemuan terakhir teman-teman mBandung : Mbubur ayam depan Salman ITB à Kantin Salman à omahe Dayat Gepeng à WaLe (Atok, Nopiek, Haris, Jangkung, Benz, Gepeng)


Powered by jWarlock jwFacebook Comments
Last Updated on Sunday, 17 May 2009 16:45