Alumni 1984 SMA Negeri 1 Solo

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home

Buku GCG

E-mail Print PDF

Ini adalah buku yang disusun oleh Muhammad Arief  Effendi - Pak Lurah, yang sudah memasuki edisi cetakan ke 2, dan segera akan terbit dalam edisi Bahasa Inggris, hard cover version. Mohon doanya semoga semoga segera terbit dengan lancar. Kalau ingin tahu berita selengkapnya mengenai buku tersebut silahkan klik gambar cover buku-nya berikut ini :

 

 

1. Buku tentang GCG “AKHIRNYA TERBIT JUGA”.

 

Buku “The Power of Good Corporate Governance : Teori dan Implementasi” ini diterbitkan oleh Penerbit Salemba Empat Jakarta, November 2008.

ISBN : 978-979-061-022-4

Website penerbit www.penerbitsalemba.com.

Good Corporate Governance (GCG) telah menjadi topik yang hangat dalam dunia bisnis selama beberapa tahun terakhir. Meski demikian, upaya membangun GCG tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi memerlukan komitmen, konsistensi dan kesungguhan dari berbagai pihak yang terkait, yaitu manajemen perusahaan, karyawan, komisaris, pemegang saham, serta pihak regulator (pemerintah).

 

Buku yang berjudul “The Power of Good Corporate Governance : Teori dan Implementasi “ ini membahas mengenai konsep GCG dan upaya implementasi GCG dengan dilengkapi beberapa contoh di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau perusahaan public. Buku yang ditulis oleh seorang praktisi sekaligus akademisi ini disusun secara sistematis yang menyeimbangkan antara teori dan implementasi.

 

Buku ini perlu dibaca tidak hanya oleh para praktisi manajemen di lingkungan BUMN maupun perusahaan publik, namun juga oleh auditor, birokrat, regulator, maupun kalangan akademis.

 

Materi dalam buku ini mencakup.

Bab 1 Pengertian dan Konsep

Bab 2 Direksi dan Komisaris

Bab 3 Komite Audit

Bab 4 Sekretaris Perusahaan

Bab 5 Sistem Pengendalian Internal

Bab 6 Sarbanes Oxley Act

Bab 7 GCG di BUMN

Bab 8 Perbankan, Pelaporan Keuangan, dan Persaingan Usaha

Bab 9 Tanggung Jawab Sosial, Budaya, dan Moral Etika Perusahaan

Bab 10 GCG dan Sumber Daya Manusia

Bab 11 GCG di Indonesia : Peluang dan Tantangan

 

Untuk melihat cover buku tsb silahkan klik “The Power of Good Corporate Governance : Teori dan Implementasi”.

 

Buku tsb sejak tgl 18 Nopember 2008 sudah beredar di Toko Buku - Toko Buku Terkemuka (Gunung Agung, Gramedia dll).

 

STOP PRESS :

 

  • Bagi perusahaan / kampus / lembaga dll yang akan menyelenggarakan acara bedah buku GCG tsb atau seminar / workshop / diskusi tentang GCG, agar menghubungi saya via email di : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it .
  • Alhamdulillah, saat ini sedang dalam proses cetak ulang (cetakan ke-2), mengingat stock cetakan pertama di penerbit sudah habis. Insya Allah bulan Januari 2009 cetakan ke-2 sudah selesai dan beredar di Toko Buku - Toko Buku terkemuka di kota anda. Isi buku masih tetap, hanya sedikit perubahan di jenis tulisan yang tadinya warna coklat berubah menjadi warna biru, sesuai masukan dari para pembaca buku. Saat ini saya sedang melakukan revisi buku tsb, direncanakan pada edisi revisi (cetakan ke-3) nanti bertambah satu bab tentang “GCG dan Enterprise-wide Risk Management”, serta updating dengan kondisi terkini untuk masing-masing bab.

 

 

BEDAH BUKU PERDANA & LAUNCHING BUKU GCG :

Acara bedah buku & seminar tentang GCG sekaligus launching perdana buku tsb diselenggarakan pada tanggal 24 Nopember 2008 di Balikpapan.

Berikut beritanya :

Kaltim Post, Selasa, 25 November 2008
Bedah Kekuatan GCG

Dari Seminar Forum Biru-Bankaltim
BALIKPAPAN - Seminar dan dialog yang digelar Forum Biru Kaltim Post Group-Bankaltim di Blue Sky Hotel, Senin (24/11) kemarin, berjalan seperti yang diharapkan. Sukses dan meriah. Kecuali Awang Faroek Ishak (AFI), Gubernur Kaltim terpilih yang berhalangan, sejumlah narasumber penting yang diundang, hadir di acara ini.

Mereka adalah Direktur Utama Bankaltim H Aminuddin, Pemimpin Bank Indonesia (BI) Balikpapan Causa Iman Karana dan Muh Arief Effendi SE MSI Ak, QIA dari Jakarta—seorang praktisi sekaligus akademisi dari Jakarta.

Dipandu moderator H Badrul Munir, direktur Percetakan Kaltim Post Group (KPG) dan direktur Samarinda Post, acara seminar dan dialog bertajuk “Membedah Kekuatan Good Corporate Governance (GCG)” ini, dihadiri puluhan undangan, terutama dari kalangan perbankan Balikpapan, pengusaha, unsur BUMN dan pengurus Kadin Balikpapan.

“Kita memang sangat berharap AFI bisa ikut hadir dalam acara ini, karena pentingnya persoalan GCG. Apalagi, sebentar lagi Pak Awang akan dilantik jadi Gubernur Kaltim. Tentu, kita ingin tahu banyak komitment beliau dalam menerapkan GCG, sekaligus membangun Kaltim ke depan,” ujar Aminuddin.

Sementara Muh Arief Effendi, penulis buku yang berjudul “The Power of Good Corporate Governance : Teori dan Implementasi, lebih banyak mengupas konsep GCG yang kini jadi trend di Indonesia. Menurutnya, GCG didefinisikan sebagai suatu sistem pengendalian internal perusahaan yang memiliki tujuan utama mengelola resiko yang signifikan, guna memenuhi tujuan bisnisnya—melalui pengamanan aset perusahaan dan meningkatkan nilai investasi pemegang saham dalam jangka panjang.

Bank Dunia atau World Bank, terang dia, mendefinisikan GCG itu sebagai kumpulan hukum, peraturan dan kaidah yang wajib dipenuhi, yang dapat mendorong kinerja sumber-sumber perusahaan, untuk berfungsi secara efisien, guna menghasilkan nilai ekonomi jangka panjang yang berkesinambungan bagi para pemegang saham, maupun masyarakat sekitar secara keseluruhan.

Implementasi GCG, lanjut dia, telah jadi isu sentral dalam kalangan publik di Indonesia. “Respon pemerintah, BUMN, perusahaan swasta dan yang telah go publik sangat positif atas upaya mewujudkan GCG ini, bebernya.

Ia menambahkan, istilah dan konsep Good Corporate Governance (GCG), umumnya seringkali kita dengar dan saksikan di berbagai media massa dan kesempatan. Namun barangkali hanya sedikit dari kita yang memahami secara benar, apa dan bagaimana konsep GCG diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dan jadi budaya di organisasi, lembaga dan perusahaan.

Padahal, Good Corporate Governance (GCG) atau diartikan juga sebagai Tata Kelola Perusahaan yang Baik ini, jika dibangun sebagai budaya perusahaan, instansi dan lembaga, maka ia akan jadi pemacu utama dalam perubahan kinerja ke arah yang lebih baik.

“Membangun GCG tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, perlu komitmen, konsistensi dan kesungguhan dari berbagai pihak terkait. Yaitu, manajemen perusahaan, karyawan, komisaris, pemegang saham serta pihak regulator (pemerintah),” ujarnya.(kpnn).

BEDAH BUKU & SEMINAR TENTANG GCG TAHUN 2009 :

  • Pada awal tahun 2009, Acara Bedah buku “The Power of Good Corporate Governance : Teori dan Implementasi”, akan diselenggarakan di Kampus FE Universitas Trisakti Jakarta pada hari Sabtu tanggal 17 Januari 2009 Pukul 10.00 s.d. selesai, bertempat di Gedung S Lt. 8 (Auditorium) Kampus A Universitas Trisakti Grogol Jakarta. Peserta para Dosen, mahasiswa dan umum. Biaya bedah buku GCG tsb hanya Rp. 60.000,- dan setiap peserta mendapatkan buku GCG & seminar kit. Bagi pembaca yang akan ikut acara tsb silahkan mendaftar kepada Panitia Bedah Buku GCG(Sekretariat Jurusan Akuntansi FE Universitas Trisakti Jakarta) beralamat di Gedung Hendriawan Sie Lt. 1 Kampus A Grogoal Jakarta.

Powered by jWarlock jwFacebook Comments
Last Updated on Wednesday, 08 April 2009 18:46